Rabu, 19 Juli 2017

Bikin Website Gratis Pakai Nama Sendiri 2017

Apa benar bikin website itu gratis?

Jawabannya Ya Pasti!. Bagi yang sudah familiar dengan blogging seperti Wordpress dan blogspot tentu ingin punya website sendiri. Atau kita yang masih awam, tapi ingin belajar. Kita bisa bikin website sendiri. Lalu bagaimana, susahkah bikinnya?

Yuk Kita Langsung Saja ke Cara Bikin Website Gratis tanpa beli-beli. Alat-alat yang diperlukan sebagai berikut:

1. Email / Surel
Kita butuh surel yang aktif dan bisa dibuka. Apa harus dari gmail? Tidak, jika kita punya surel dari yahoo mail, hotmail, aol, dan sebagainya juga bisa. Cukup 1 saja surel yang aktif dan bisa digunakan untuk verifikasi pendaftaran nanti.

2. Domain Gratis
Kita perlu tahu apa itu domain? Domain atau disebut juga nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Seperti nama domain facebook.com yang alamat IPnya (31.13.78.35).  Domain juga disebut dengan alamat website atau URL. Wuih panjang kali penjelasannya, fokus. Masih adakah domain gratis buat kita? Jangan cemas, banyak website penyedia domain gratis bertebaran di internet. Kita cukup pake satu penyedia domain gratis dari website Freenoom.

3. Hosting Gratis
Hosting atau disebut juga layanan web hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.
http://api.idhostinger.com/redir/735960
Jika dianalogikan, website adalah sebuah bangunan, maka hosting adalah sepetak tanah dan domain adalah alamat dari sepetak tanah tersebut. Sebuah hosting terdiri dari sebuah server atau gabungan server-server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi. Nah apa penyedia web hosting gratis yang akan kita pakai? Kita pakai hosting dari indonesia saja, Hostinger.

4. CMS atau Isi Website
Setelah kita siapin Email, Domain dan Hosting. Kita butuh isi website kita. Bagi yang sudah paham sama pemograman web bisa bikin sendiri sesuai keinginan. Tapi untuk kita yang masih awam, cukup pake CMS saja. Sistem manajemen konten  (Inggris: content management system, disingkat CMS), adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web. Simpelnya master installasi website. Seperti: Wordpress, Joomla, Drupal, dll. Kita cukup pake Wordpress saja.

5. FileZilla Client
FileZilla adalah software untuk manager file website nanti. Kenapa harus pake file zilla, nanti ketemu jawabannya.

Setelah mengetahui alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat website gratis menggunakan nama sendiri. Sekarang kita mulai langkah pertama dengan bikin Domain terlebih dahulu. 

1 komentar:

Inikah yang Anda Cari?

IBX5A420C98A853D