Sabtu, 16 September 2017

Cara Mengembalikan Partisi C yang Pindah ke D Saat Instal WIndows

Cara Mengembalikan System Partition Type dari Partisi Ke-2 ke Partisi Pertama Tanpa Delete Partisi

Kok system nya di partisi 2? Pernah nemu kaya gini gak ketika install windows? Bagi yang sudah biasa instal windows pasti sudah tahu cara mengatasinya. Tapi bagi kita yang masih awam, pasti bingung. Sebab mau instal windows di partisi mana gak tahu selain pada partisi yang ber-type "system", takutnya pada partisi yang  berisi data penting alias data D:\\. Seperti gambar di bawah ini. 
Langsung saja ke TKP yuk. Caranya mudah kok, Pertama kita tekan Shift+F10, maka akan muncul jendela Command Prompt, Setelah itu ketik "diskpart" Tanpa tanda kutip ya, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.
Terdapat 2 Disk yang online, lihat dengan seksama pada disk 0, besarnya 465GB dan disk 1 sebesar 7GB, jadi otomatisk disk 0 hardisk laptop kita kan. Trus yang 7388MB disk apa? Jawabannya master windows. Selanjutnya ketik "select disk 0" untuk memilih disk 0. Setelah itu ketik "list partition" maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.
Terdapat 3 Partisi pada disk 0, Partisi 1 sebesar 75GB, 2 dan 3 195GB. Maka kita pilih partisi 1. Ketik "select partition 1"
Setelah memilih partition 1, kita akan menjadikannya sebagai partisi system dengan cara mengetik "active" maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.
Nah sekarang kita sudah berhasil mengembalikan system ke partition 1, jadi kalau diinstal data di D: tidak hilang atau tersembunyi. Tutup Command Prompt nya, dan kembali lagi pada pemilihan partisinya. Hasilnya seperti gambar dibawah ini.
Semoga bermanfaat, salam Baca Gusti.

1 komentar:

  1. Apakah bisa dikembalikan semula kak tolong hubungi ke nomor sata di 085742699996

    BalasHapus

Inikah yang Anda Cari?

IBX5A420C98A853D