Sabtu, 16 September 2017

Cara Mudah Mendaftarkan Website Gratis ke Pencarian Google

Cara meng-index Website Gratis ke Google Search Engine

Berhubung pada posting sebelum ini kita membahas cara bikin website dengan nama sendiri 2017, dan sekarang kita akan bahas cara  mendaftarkan atau mengindex website gratis ke pencarian google (Google Search Engine). 

Sebelum kita mulai, apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftarkan website gratis ke Google Search Engine. 
1. Website Gratis Milik kita. Bukan milik orang ya, hehe. Jika belum punya, yuk bikin.
2. File Zilla, dan
3. Email Google.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
Pertama, Buka dan Login ke link Google Webmaster, pada halaman beranda Search Console Google, kita isi alamat website dan klik "TAMBAHKAN PROPERTI" seperti gambar berikut.
Kemudian kita akan dibawa ke halaman verifikasi kepemilikan alamat website yang kita isikan tadi. Kita disarankan untuk unggah file HTML ke website kita.
Kemudian unduh file verifikasi HTML nya dan pindahkan pada tempat yang muda dicari. Misalnya kita tarok disini. Filenya google4b9dcd37d7b558c0.html

Kedua, setelah kita mengunduh file verifikasi, kita akan mengunggah file tersebut pada Public_Html website kita. Sekarang buka File Zilla, isi host, username, password dan port hosting website kita kemudian klik "Quickconnect." Setelah berhasil terhubung, pastikan posisi remote site filezilla pada /public_html (sudah saya stabilo kuning), klik kanan pada file verifikasi html tadi dan klik upload seperti gambar ini.
Maka akan otomatis masuk pada public_html hosting website kita.
Sekarang kita kembali lagi pada halaman verifikasi kepemilikan website, klik saya bukan robot hingga berubah menjadi ceklis dan akhiri dengan mengklik verifikasi.
 
Maka kita telah selesai verifikasi alamat website gratis. Ditandai dengan tampilan ini. 
Kemudian klik lanjutkan, maka kita akan dibawa pada halaman dasbor Search Console Google untuk melakukan seting website kita.

Ketiga, mengatur setelan Search Console website kita. Setelah verifikasi kepemilikan kita akan mendapat pesan baru dan penting untuk meningkatkan keberadaan penelusuran website kita.
Terdapat lima poin untuk menyiapkan akun search console website, kita hanya perlu melakukan 2 poin dasar, yakni nomor 3. Pilih Negara Target dan 5. Kirim File Peta Situs agar website kita terindeks search engine google. 

Klik "Pilih Negara", kemudian centang pengguna tujuan dan pilih Indonesia akhiri dengan klik simpan, seperti gambar ini.
Setelah kita atur negara tujuan, kita harus upload peta situs website kita, yaitu sitemap.xml. Klik Tambahkan/Uji Peta Situs. Isikan sitemap.xml kemudian klik kirim. Maka google akan otomatis melakukan peraypan pada site kita, dan mengindexkannya. Seperti gambar.
Sampai disini kita telah selesai mendaftarkan website gratis kita ke Mesin Pencarian Google. Kita tinggal menunggu paling cepat 3 hari. Pengindexan tergantung dari content atau isi dari website kita. Semakin bagus dan banyak artikelnya, semakin cepat google-bot merayapi dan mengindexkannya ke Google Search Engine.

Selamat Mencoba, semoga bermanfaat. Salam Baca Gusti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Inikah yang Anda Cari?

IBX5A420C98A853D