Sabtu, 03 Juni 2017

Cara Reset / Install Ulang Windows 8.1 Original tanpa Hilang Data

Menginstall Ulang Windows Original Laptop atau Tab Windows


Giamana ya Install ulang Windows original itu? Apalagi windows 8.1 kita sudah mulai lelet atau terinfeksi virus. Kita bisa install sendiri dengan mengikuti cara-cara berikut ini.
Sebelum menginstall ulang atau reset Operating System Windows. Kita harus backup terlebih dahulu data-data penting yang tersimpan di partisi dimana windows itu terinstall. 

Letak data tersebut biasanya di C:\Users\NamaUserLaptop yang di dalamnya ada 12 folder bawaan windows. Namun dari 12 folder tersebut, hanya 6+1 folder yang berisi data-data kita, seperti folder "My Document, My Music, My Pictures, My Videos dan Downloads" satu lagi folder "Desktop" jangan sampai lupa, sebab sebagian kita kadang narok data di desktop dengan alasan gak perlu nyari pake eksplorer cukup klik di desktop. 

Block Semua folder tersebut dan Klik Kanan pilih Copy atau Ctrl+C. Kemudian buka Partisi data kita di D atau E dan buat folder baru dengan nama "Data C," kemudian buka dan paste-kan data yang di C tadi dengan Klik Kanan pilih Paste atau menekan Ctrl+V.

Setelah data ter-backup kita langsung saja install windows dengan langkah-langkah berikut:
1. Klik Start atau tekan tombol Windows yang berlambang bendera. Maka tampilannya seperti gambar ini.
Tampilan Start Windows 8.1
2. Setelah masuk ke Start Menu windows 8.1 kita langsung menekan tombol r maka akan mucul kotak pencarian "Search Everywere" lanjutkan dengan mengetik reset, sehingga lengkapnya terketik reset. Maka akan ditampilkan hasil pencarian kata reset, kemudian pilih Remove everithing and reinstall Windows.
Pencarian di Start Windows 8.1
3. Maka kita akan masuk ke jendela Recovery Windows 8.1 seperti gambar. Maka ada 3 pilihan reset Windows. Kita pilih Remove everything and reinstall Windows.
Pilihan Recovery Windows 8.1
4. Selanjutnya akan muncul dialog Reset Your Pc seperti gambar berikut. Klik Next untuk melanjutkannya.
Dialog Reset Windows 8.1
5. Maka kita akan ditanyai dengan pertanyaan "Do you want to fully clean your drive?" Disini ada dua pilihan jawaban. Just remove my files dan Fully clean the drive. Tergantung kita mau pilih yangh mana. Jika kita pilih Just remove my files, maka kita cuma menghapus aplikasi terinstall saja. Tapi dengan memilih Fully clean the drive, Partisi di C akan di format ulang agar semua kembali ke bawaan pabrik. Sekarang kita pilih saja Fully clean the drive.
Pilihan Metode Reset data Windows 8.1
6. Setelah memilih Fully clean the drive maka kita akan ditanya lagi untuk menentukan apakah kita cuma reset yang di partisi C saja (Only the drive where windows installed) atau Hapus semua data (all drive).
Pilihan Metode Hapus data Peresetan Windows 8.1
7. Setelah memilih Only the drive where windows installed, maka kita akan diperintahkan untuk mencolokan charger sebab proses installasi akan segera dimulai dan butuh waktu lama. Berapa lama? Tergantung spesifikasi laptop atau tab windows kita. Semakin tinggi spesifikasinya maka prosess reset akan lebih cepat. Biasanya 1 jam. 
Peringatan Menghubungkan daya untuk melanjutkan proses reset
Nah setelah kita mencolokan charger, laptop atau Tab kita akan otomatis reset, mulai dari preperation dan resetting antara 1% hingga 100%. Samapai di sini kita tinggal nunggu selesai saja. Semoga bermanfaat.

NB:
  • Jangan dimatikan selama proses reset. Usahakan daya cukup hingga proses reset selesai. Akan berakibat fatal pada windows jika dimatikan paksa atau listrik mati selama proses reset.
  • Aplikasi akan hilang, kecuali aplikasi bawaan.


1 komentar:

  1. Jika komputer nya tanpa charger...alias Komputer PC all in one bagaimana bis...

    BalasHapus

Inikah yang Anda Cari?

IBX5A420C98A853D